Skip to main content

TERTOLAK


Kata "tertolak" adalah sebuah kata yang bila diucapkan akan langsung terkoneksi dengan masalah rasa. Rasa tertolak adalah sebuah perasaan yang tidak nyaman dan seringkali menyakitkan hati. Bila kita merasa tertolak biasanya yang pertama kita alami adalah rasa malu, kemudian seakan seribu pertanyaan introspeksi diri yang cenderung membuat kita semakin terpuruk bahkan hilang gairah.

Mazmur 118:12-17 :
(12) Mereka mengelilingi aku seperti lebah, mereka menyala-nyala seperti api duri, demi nama TUHAN, sesungguhnya aku pukul mereka mundur.

(13) Aku ditolak dengan hebat sampai jatuh, tetapi TUHAN menolong aku.

(14) TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku; Ia telah menjadi keselamatanku.

(15) Suara sorak-sorai dan kemenangan di kemah orang-orang benar: "Tangan kanan TUHAN melakukan keperkasaan,

(16) tangan kanan TUHAN berkuasa meninggikan, tangan kanan TUHAN melakukan keperkasaan!"

(17) Aku tidak akan mati, tetapi hidup, dan aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan TUHAN.

Mazmur 27:10 :
(10) Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.

Pendahuluan 

Salah satu persoalan serius yang bisa berdampak sangat buruk dalam kehidupan adalah PERASAAN TERTOLAK
Adapun akibat - akibatnya:
1. Seorang menjadi masa bodo, kasar dan tidak pedulian, 
contoh: tidak ada komitmen dan tidak menghargai siapapun, mudah membenci dan mendendam
2. Seorang cenderung nekad dan tidak berpikir panjang, 
contoh: senang kebut - kebutan, mau bunuh diri,
3. Seorang cenderung menarik dan mencari - cari perhatian,
Contoh: piercing ditempat yang tidak seharusnya, bertatoo, berpakaian extra ketat,
4. Seorang cenderung melanggar norma yang ada
Contoh: jadi lesbian, homosexual, jadi piaran, menjadi pemberontak

Tertolak 

Perasaan tertolak memiliki beberapa tingkatan:
1. Alam bawah sadar, dimana seseorang tidak sadar bhw dia tertolak, namun dampaknya terasa, biasanya terjadi pada masa dikandung, masa kecil atau masa - masa yang tidak diingat.
2. Alam perasaan dan pikirannya sendiri, dimana seseorang merasa tertolak yang diakibatkan oleh perasaan sesnsitifnya sendiri.
3. Keadaan - keadaan nyata yang memang terjadi, bisa terjadi dari keluarga terdekat, lingkungan, orang yang dicintai, atau juga bisa dari mimpi yang tidak tercapai....ini bisa terjadi, karena diakibatkan oleh orang lain, atau kesalahannya sendiri

Jenis - jenis penolakan 
1. Tidak disukai: 
Secara sadar atau tidak sadar kehidupannya mulai tidak disukai.
2. Selalu disalahkan: 
Si pelaku mulai selalu secara terbuka disalahkan.
3. Tidak dipedulikan 
Si pelaku mulai diacuhkan dan tidak dipedulikan.
4. Dideskreditkan: 
Si pelaku mulai didiskreditkan, dimana apapun yang dikerjakan disalahkan, bahkan jika ada sesuatu yang salah, maka ia dianggap sebagai “biang keladi”.

Menjadi orang yang dapat diterima
1. Hidup dalam kasih.
2. Memiliki prilaku dan karakter yang menjadi berkat.
3. Jangan menjadi penjilat dan orang munafik.
4. Jangan melihat orang dari sudut negatifnya.
5. Meminta maaf jika bersalah.

Menghadapi penolakan
1. Ampuni orang yang menolak namun berusaha mengerti penyebab terjadinya
penolakan.
2. Jaga hati agar tidak ada keinginan untuk membalas.
3. Tetaplah bersukacita.
4. Berusaha untuk selalu menjadi berkat.
5. Ingatlah bahwa Tuhan menerima kita apa adanya, karena pandangan Tuhan terhadap kita tidak terpengaruh pandangan orang tentang kita

Makanya, sejak kecil hingga ia mati, manusia berjuang untuk selalu dapat diterima oleh lingkungan. Rasa tertolak dan akibatnya yaitu mendapat malu ternyata menjadi masalah yang paling besar dalam diri setiap orang dan setiap saat dapat terjadi pada kita secara tidak terduga. Sebenarnya persoalan ini adalah sehakekat dan melekat pada diri setiap manusia. 

Penolakan akan keberadaan seseorang dapat terjadi sejak dalam kandungan ibu. Contohnya seperti kasus aborsi, kegagalan aborsi, dan keinginan anak yang tidak dipenuhi sehingga membuatnya kecewa dan merasa bahwa orangtuanya tidak menyayanginya dan hanya menyayangi kakak atau adiknya. 

Begitu pula saat ia bertumbuh menjadi remaja yang membutuhkan lingkungan pergaulan yang bisa menerimanya. Remaja tergolong yang paling rentan dengan masalah penolakan lingkungan, sehingga dengan segala cara mereka akan berusaha agar dapat diterima. Dari usaha lebih rajin belajar hingga menggunakan narkoba bersama teman dan sebagainya. 

Orang dewasa sama juga. Walau tidak separah remaja, biasanya mereka cenderung terjebak dalam cara mempertahankan harga diri, sehingga usaha mengumpulkan harta dan prestis dilakukan sebagai senjata yang cukup ampuh supaya tidak tertolak di lingkungannya dan akan dipertahankannya sampai mati atau bila perlu mati dengan 'terhormat', meskipun sebenarnya bila manusia sudah mati, tidak tahu lagi apa itu 'terhormat'.

Coba anda bayangkan seberapa dekatnya persoalan penolakan ini beserta akibat rasa malu yang dialami manusia dalam hidupnya setiap hari. 

Tapi ada satu hal penting yang harus anda ketahui!

Disamping masalah dosa yang telah ditanggung oleh Yesus di kayu salib, Yesus juga telah menebus sesuatu yang lain, yaitu rasa tertolak. Yesus sendiri sejak dari dalam kandungan ibunya telah mengalami penolakan, yaitu pada saat Yusuf dan Maria mencari penginapan dan tidak ada satupun yang mau menerima mereka dengan alasan "sudah penuh". Juga ketika ia berusia 12 tahun dan mengajar di bait suci, ia ditentang oleh para ahli taurat. Artinya mereka menolak kehadirannya. Saat dalam pelayanannya-pun ia dimaki, dilempari batu, dikejar hingga akhirnya ditangkap dan dibunuh juga.

Dunia jelas telah menolak Sang Juruselamat sebelum Ia lahir. Bahkan pada detik-detik terakhir sebelum Yesus mati di atas kayu salib, Ia mengalami penolakan yang luar biasa dari BapaNya sendiri seperti yang sudah tertulis dalam alkitab ("Eloi, Eloi, lama sabakhtani!").

Yesus telah melewati semua rasa yang pernah ada dalam hidup manusia. Dan bila kita terus mencari tahu karya Tuhan Yesus selama ia menjadi manusia lebih dalam lagi, pasti akan ditemukan hal-hal sederhana tapi dibayar dengan mahal olehNya.

Karena itulah, manusia yang pernah mengalami rasa tertolak dan mendapat malu telah ditebus dengan pengalaman hidup Yesus sendiri, hingga Ia harus mati, agar kita menjadi pribadi yang berharga di mata Tuhan. Dan secara otomatis, gambar diri kita dipulihkan dan kepercayaan diri kita dapat kembali, sebab Bapa melalui anakNya telah menebus kita dari tangan iblis dengan segala intimidasinya.

MENGALAHKAN RASA TERTOLAK MELALUI SALIB KRISTUS 

Rasa tertolak merupakan gambaran dari kegagalan dalam membina suatu hubungan dimana kita dikucilkan, tidak diperhitungkan, hingga kita merasa tidak dibutuhkan, dianggap orang asing.Penyebab rasa tertolak adalah perasaan malu dan rendah diri, Luka batin, Kurangnya kasih sayang, pilih kasih dalam keluarga. Akibat dari rasa tertolak menimbulkan kesedihan, kesepian, depresi, putus asa bahkan bisa menimbulkan Kekesalan dan kebencian.

Rasa tertolak yang sering kita alami sungguh sangat menyakitkan pada saat kita sangat membutuhkan pertolongan, kita meminta bantuan orang untuk menolong kita, kita berdoa untuk memohon pertolongan namun doa kita tidak dijawab dan tidak ada satupun yang datang menolong kita, kita mengalami kesepian dan kesendirian karena teman – teman dan saudara meninggalkan kita, mereka menjauh dari kita saat kita sangat membutuhkan pertolongan. Penolakkan yang kita alami membuat kita patah hati, hati kita terasa hancur sampai – sampai kita tidak kuat menahan rasa penokkan. Untuk itu marilah kita belajar dari pengalaman Yesus saat ditolak oleh manusia dan di tolak oleh ALLAH sehingga Yesus harus rela memikul salib dan tergantung di kayu salib untuk menebus dosa manusia.

Pada saat Yesus disalib sebenarnya Dia telah menanggung segala dosa, dan kejahatan kita agar barang siapa yang percaya boleh kehidupan yang kekal. Didalam Penyaliban Yesus yang merupakan pertukaran karena menanggung dosa kita mencakup beberapa hal yaitu : Yesus disalib untuk menanggung dosa kita agar kita dibebaskan dari dosa agar kita hidup kudus dan kita boleh menerima pengampunan, Ia menanggung semua penyaikit manusia agar kita beroleh kesembuhan melalui bilurnya, Ia menerima dikutuk agar kita beroleh berkat ( Galatia 3 : 3 – 4 ), Yesus rela di tolak oleh manusia bahkan ALLAH sendiri menolak untuk menjauhkan dari penyaliban yang akan dijalaniNya dan ia rela mati dikayu salib agar kita beroleh bagian dalam kebangkitan dan kehidupanNya.

Penolakan yang dialami Yesus sungguh sangat pahit, Ia ditolak oleh manusia dan dan sungguh teramat pahit saat ALLAH sendiri menolakNya. ( Matius 27 :45-51), Penolakkan yang dialami Yesus sungguh sangat komplit Yesus menerima semua itu karena pada saat itu jiwanya dijadikan korban penebusan dosa manusia sungguh tragis dan sakit yang dirasakan Yesus saat Allah menolakNya, namun akibat atau hasil yang dari penolakkan itu digambarkan dengan tabir bait suci terbelah dua yang mengartikan bahwa penghalang yang selama ini ada antara manusia dan ALLAH telah berhasil disingkirkan dan jalan untuk menghampiri ALLAH yang menjadi terbuka lebar. Penolakkan yang ditanggung Jesus agar manusia dapat diterimasebagaimana Dia layak diterima. Yesus menjadi pembuka jalan agar kita diterima dengan baik.

Yesus sudah menanggung segala penolakkan yang harusnya menimpa kita, Yesus kehilangan statusnya sebagai Anak Allah agar kita dapat menerima dan layak disebut anak – anak ALLAH, Yesus menjadi pilihan ALLAH untuk menerima anugrah dariNya dan sesungguhnya itulah obat yang paling mujarab untuk mengatasi rasa tertolak dengan meneladani Pengorbanan Yesus di kayu Salib. Untuk mengatasi rasa tertolak ada beberapa langkah yang harus kita lakukan yaitu mengampuni orang yang menyakiti kita, Menyingkirkan semua akibat yang membuat kita tertolak, lawanlah iblis dengan menerima keselamatan dari ALLAH dan dengan menggunakan firman ALLAH sebagai senjata melawan iblis, bertindak dengan iman dan terimalah dirimu sendiri dan bersyukur dengan apa yang ada pada dirimu, Lebih dekat dan melekat dengan Yesus,apapun tantangan dan cobaan yang kita hadapi terus berharap dan bersandar pada Yesus. Kita adalah ciptaan Tuhan yang dibuat dengan rupa dan gambar ALAH, Kita adalah biji mata ALLAH dan Setiap Jiwa berharga dimata ALLAH, Yesus tidak mati dikayu salib supaya kita menjalani kehidupan yang tenang dan enak namun tujuanNya adalah adalah untuk membawa kita kesurga inilah hak istimewa terbesar yang kita peroleh yaitu tanggung jawab dan tujuan akhir kita sebagai anak – anak ALLAH untuk itu marilah kita serius untuk mengejar keselamatan kita masing – masing dan biarlah ALAH Tinggal tetap didalam Kita.

Tuhan Yesus memberkati..

Disadur dari fb fanspage : Yesus Tolong Saya

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengubah ROM ODEX menjadi DE(ODEX) tanpa PC

Syarat : - HH sudah di-root. - Sudah terinstall BusyBox Pro - Sudah terinstall CWM. - Sudah terinstall  Xposed Installer Alat tempur : - 3c Toolbox Pro Langkah Kerja : - Buka 3c Toolbox Pro → pilih System Manager → klik (de)odex ROM. - Klik ON untuk /system/app - Klik ON untuk /system/priv-app - Klik ON untuk /system/framework - Klik ON untuk Zip-align system APK Setelah itu tunggu prosesnya sampai selesai. Setelah selesai pilih reboot device & tunggu sampai masuk homescreen lalu check di  Root Explorer & selamat ROM agan sudah menjadi (de)odex. NOTE : Budayakan backup sebelum mencoba. DWYOR!!

Lirik Lagu Si Boru Toba Vs. Gadis Melayu

Gadis melayu dengan tor-tor batak Siboru toba dengan Goyang deli Aduh seksinya sayang, aduh genitnya sayang tua dan muda bergoyang-goyang Bodi yang indah sayang melenggak-lenggok Teramat indah sayang di tengak-tengok Kaki melangkah berputar maju mundu rikut irama, irama melayu Bawalah ulos sayang atau selendang kita menari sayang sambil berdendang tangan melambai lembut menari-nari Putar ke kanan dan putar ke kiri Teleng sambola goyang ni boru toba Borat tu pudi da pangeolna alai hicca do anggo lakkani patna marijak-injak songon na marsenam Dauk gale do gonting ni inang bao ai tung tanda do nasida boru karo halak tunggane pe dohot na do mangurdot laos so diingot baona na dison Tabulah gendang sayang bertaluh-taluh tiuplah suling sayang bersahut-sahut Teteplah adik dekat disamping abang kita menari dan terus berdendang aduh seksinya sayang si adik gendut menari-nari sayang seperti badut .. senyum bibirnya sungguh sedap dipandang kerling matanya oh sun

Lirik lagu Martin Manurung - Husippon Tu Alogo I

Lirik lagu Martin Manurung - Husippon Tu Alogo I Tinggal ma ho, ito hasian.. Borhat nama au tu nadao Laho patorusson Laho patorusson parsikkolahan ki, na di luat silebanni Apusi ma, ilu ilu mi Denggan ma baen ito paborhat au, Unang sai ganggu ho Asa pos rohakku hasian Jalang ma au haholongan.. Reff: pa pos roham ito, ai dang na lupa au tu ho, nunga gurat dirohakkon, ho do napunasa au ito... Atik adong ito sidoli na manggoda ho, ingot ma au da hasian, asa toktong marningot ho. Apusi ma ilu - ilumi, denggan ma bahen ito paborhat au.. Unang sai ganggu ho, asa pos rohakku hasian jalang ma au haholongan.. Molo masihol ho tu au, hatop ma tongos suratmi.. Molo mangulun ho tu soarakki, husippon tu alogo i. Husippon tu alogo i, husippon tu alogo i . . .