Skip to main content

Rencana Tuhan : Bagai Bejana Di Tangan Tukang Periuk


“Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: “Mengapakah engkau membentuk aku demikian?”

Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?” Roma 9:20-21

Bacaan: Yeremia 18:1-6
Dalam kitab Yeremia pasal 18, Yeremia diminta Tuhan untuk pergi ke tukang periuk karena Tuhan ingin memperdengarkan suaraNya. Yeremia datang tepat ketika tukang periuk sedang bekerja membuat sebuah bejana.

Ada beberapa langkah dari proses yang dikerjakan oleh tukang periuk untuk membuat sebuah bejana (lihat langkah pembentukan bejana), mulai dari persiapan tanah liat yang akan digunakan, menempatkan tanah liat pada meja kerja yang dapat berputar sehingga tanah liat mudah dibentuk, membentuk tanah liat menjadi benda yang mempunyai kegunaan, pembakaran bejana yang sudah dibentuk agar menjadi kuat, proses pendinginan agar hasilnya lebih sempurna, hingga proses penyempurnaan tampilan bejana agar menjadi jauh lebih indah.

Dari sekian langkah proses yang dilakukan tersebut, kita dapat mempelajari dua hal penting dari kisah ini:
1. Proses Kehidupan

“Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya.” Yeremia 18:4

Tuhan membawa Yeremia untuk belajar dari tukang periuk karena Tuhan ingin memberitahukan bahwa manusia memiliki proses kehidupan yang mirip dengan bejana yang sedang dibentuk.

Tanah liat tidak secara otomatis berubah menjadi bejana yang indah, tetapi tanah liat harus melalui beberapa proses sehingga dapat menjadi sebuah bejana yang berkualitas. Jika satu langkah saja dilewatkan, maka tukang periuk tidak akan memperoleh sebuah bejana yang baik. Mungkin saja dia hanya akan memperoleh bejana yang bentuknya kurang bagus, permukaannya retak-retak, penampilannya tidak berkilau, tidak dapat bertahan lama, atau kekurangan lainnya yang dapat ditemukan.

Ketika tanah liat tidak mengikuti bentukan dari tangan tukang periuk dan menjadi rusak, maka prosesnya akan diulang kembali. Tanah liat akan disatukan kembali, dipukul-pukul atau bahkan dibanting ke meja, agar mudah dibentuk kembali.

Pelitahidupdotcom

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengubah ROM ODEX menjadi DE(ODEX) tanpa PC

Syarat : - HH sudah di-root. - Sudah terinstall BusyBox Pro - Sudah terinstall CWM. - Sudah terinstall  Xposed Installer Alat tempur : - 3c Toolbox Pro Langkah Kerja : - Buka 3c Toolbox Pro → pilih System Manager → klik (de)odex ROM. - Klik ON untuk /system/app - Klik ON untuk /system/priv-app - Klik ON untuk /system/framework - Klik ON untuk Zip-align system APK Setelah itu tunggu prosesnya sampai selesai. Setelah selesai pilih reboot device & tunggu sampai masuk homescreen lalu check di  Root Explorer & selamat ROM agan sudah menjadi (de)odex. NOTE : Budayakan backup sebelum mencoba. DWYOR!!

Lirik Lagu Si Boru Toba Vs. Gadis Melayu

Gadis melayu dengan tor-tor batak Siboru toba dengan Goyang deli Aduh seksinya sayang, aduh genitnya sayang tua dan muda bergoyang-goyang Bodi yang indah sayang melenggak-lenggok Teramat indah sayang di tengak-tengok Kaki melangkah berputar maju mundu rikut irama, irama melayu Bawalah ulos sayang atau selendang kita menari sayang sambil berdendang tangan melambai lembut menari-nari Putar ke kanan dan putar ke kiri Teleng sambola goyang ni boru toba Borat tu pudi da pangeolna alai hicca do anggo lakkani patna marijak-injak songon na marsenam Dauk gale do gonting ni inang bao ai tung tanda do nasida boru karo halak tunggane pe dohot na do mangurdot laos so diingot baona na dison Tabulah gendang sayang bertaluh-taluh tiuplah suling sayang bersahut-sahut Teteplah adik dekat disamping abang kita menari dan terus berdendang aduh seksinya sayang si adik gendut menari-nari sayang seperti badut .. senyum bibirnya sungguh sedap dipandang kerling matanya oh sun

Lirik lagu Martin Manurung - Husippon Tu Alogo I

Lirik lagu Martin Manurung - Husippon Tu Alogo I Tinggal ma ho, ito hasian.. Borhat nama au tu nadao Laho patorusson Laho patorusson parsikkolahan ki, na di luat silebanni Apusi ma, ilu ilu mi Denggan ma baen ito paborhat au, Unang sai ganggu ho Asa pos rohakku hasian Jalang ma au haholongan.. Reff: pa pos roham ito, ai dang na lupa au tu ho, nunga gurat dirohakkon, ho do napunasa au ito... Atik adong ito sidoli na manggoda ho, ingot ma au da hasian, asa toktong marningot ho. Apusi ma ilu - ilumi, denggan ma bahen ito paborhat au.. Unang sai ganggu ho, asa pos rohakku hasian jalang ma au haholongan.. Molo masihol ho tu au, hatop ma tongos suratmi.. Molo mangulun ho tu soarakki, husippon tu alogo i. Husippon tu alogo i, husippon tu alogo i . . .